Learning is Fun

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SD/MI (USIA 7-13TH)

on November 7, 2012

Karakteristik Perkembangan Anak Usia SD/MI (Usia 7-13th)

a.       Segi Psikomotorik
·         Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan   motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga.
·         Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola
·         Anak sudah dapat memperkirakan kegiatan/gerakan yang berbahaya dan tidak berbahaya
·         Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
·         Anak sudah bias menunjukkan kebersihan dalam berpakaian, badan dan alat-alat yang dibawa
b.      Segi Mental
·         Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
·         Anak sudah dapat menghubungkan suatu objek atau kejadian dengan konsep tertentu yang bersifat abstrak. Misalnya tentang luas dan volume
·         Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
·         Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
·         Anak dapat membuat gambar-gambar dengan menggunakan sudut perspektif sederhana
·         Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
·         Anak dapat merumuskan dan menunjukkan pengertian terhadap sesuatu
·         Anak sudah dapat mengikuti peraturan yang berlaku umum
·         Anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik sendiri maupun kerja sama
·         Anak dapat  menunjukkan aktivitasnya dalam berbagai kegiatan sekolah maupun di lingkungannya
·         Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu
c.       Segi Sosial – Emosionalitas
·         Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
·         Anak dapat menunjukkan penghargaan terhadap guru atau orang dewasa lainnya
·         Anak dapat menunjukkan sikap empati terhadap suatu kondisi
·         Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
·         Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar
·         Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
·         Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman
·         Anak menunjukkan rasa solidaritas terhadap teman sekelompoknya
·         Anak telah memiliki kemauan untuk menceritakan sesuatu kepada teman-temannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: